Microsoft Excel adalah salah satu program spreadsheet yang paling banyak digunakan dalam komputer pribadi di seluruh dunia. Dalam perkembangannya Microsoft Excel dibuat dalam berbagai jenis platform, semula dalam versi DOS, kini juga ada dalam versi Windows, versi OS/2, versi MacOS dan versi Windows NT. Program Microsoft Excel seperti program jenis spreadsheet pada umumnya, digunakan untuk segala sesuatu yang berhubungan dengan tabel, angka-angka dan grafik. Misalnya untuk membuat tabel daftar nama siswa berikut nilai ulangannya, rata-rata nilainya serta grafik nilai siswa. Dalam aplikasi perkantoran misalnya untuk membuat tabel daftar karyawan berikut posisi jabatan masing-masing karyawan dan besarnya gaji serta tunjangannya, dan masih banyak lagi lainnya.
Sejarah Microsoft Excel
Microsoft
Excel adalah salah satu software (piranti lunak) jenis
spreadsheet yang dibuat oleh perusahaan raksasa Microsoft, perusahaan yang juga
membuat sistem operasi Windows yang terkenal itu. Microsoft Excel dapat berdiri
sendiri atau merupakan bagian dari Microsoft Office, suatu suite
programme (gabungan beberapa program namun berfungsi sebagai satu kesatuan
program/saling terkoneksi satu sama lain).
Piranti
lunak (software) type spreadsheet mulai dikenal ketika diperkenalkannya
software VisiCalc pada suatu pameran komputer di Amerika tahun 1979.
Saat itu VisiCalc masih diperuntukkan untuk komputer berbasiskan Sistem
Operasi UNIX. Program ini kemudian dibeli oleh perusahaan Lotus.
Akhirnya Lotus membuat software spreadsheet sendiri yang dibuat berdasarkan
pengembangan dari VisiCalc yang diberi nama Lotus 1-2-3. Lotus
1-2-3 menjadi standard software spreadsheet untuk beberapa waktu lamanya
sebelum kemudian Microsoft mempopulerkan produk Excel-nya dengan basis Windows
(Microsoft Excel 4.0 for Windows). Semenjak itulah Microsoft Excel memimpin
aplikasi software spreadsheet. Tabel di bawah ini menjelaskan kronologis
singkat pengembangan Microsoft Excel.
Versi
|
Tahun
|
Keterangan
|
2
|
1987
|
Excel semula dikembangkan untuk
PC berbasiskan Apple-MacIntosh. Produk pertama bagi PC-IBM langsung memakai
Versi 2.0, semata-mata untuk menyeragamkan versi Excel untuk Macintosh yang
sudah mencapai versi 2.0.
|
3
|
1990
|
Menyertakan toolbar, kemampuan
menggambar, grafik 3-D (tiga dimensi) dan beberapa tambahan fasilitas
lainnya.
|
4
|
1992
|
Adalah versi yang terpopuler.
Menyertakan banyak fasilitas tambahan lainnya. Versi Microsoft Excel for
Windows dikeluarkan
|
5
|
1993
|
Perbaikan besar-besaran,
termasuk kemampuan menampilkan beberapa lembar kerja sekaligus dalam suatu
workbook.
|
7*
|
1995
|
Dikenal juga sebagai Excel 95.
Penomoran versi langsung melompat ke versi- 7 tanpa ada versi-6, semata-mata
agar terdapat keseragaman versi dengan software yang terintegrasi dalam
Microsoft Office for Win’95. Versi ke-7 dari Excel dengan kemampuan 32-bit
pertama walau fasilitasnya sebagian besar sama dengan versi 5.
|
8
|
1997
|
Dikenal juga sebagai MS-Excel
97.
|
9
|
1999
|
Dikenal juga sebagai MS-Excel
2000. Mengenali format bahasa HTML.
|
10
|
2001
|
Dikenal juga sebagai MS-Excel
XP (Experience).
|
Mengenal Spreadsheet
1. Tampilan Menu Excel
Elemen-elemen
Excel yang perlu Anda ketahui adalah : Title Bar, letaknya paling atas, berisi
judul program dan nama file yang dibuka. Pada Gambar 3 ditampilkan nama program
yang digunakan yaitu Microsoft Excel dan nama file yaitu Book 1 yang terdiri
atas :
- Lajur Menu, berisikan menu-menu Excel seperti File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Data, Help
- Standard Toolbar, berisikan icon-icon standard Excel untuk file baru, membuka, menyimpan, mencetak, menghapus dan memindahkan, mencopy dll.
- Format Toolbar, berisikan icon-icon yang mengubah tampilan format data, seperti tampilan jenis huruf (Arial), ukuran/size huruf (10) cetak tebal (B), miring (I), garis bawah (U), lambang keuangan ($), prosentase (%), menambah atau mengurangi tampilan desimal dll (Perhatikan Gambar 3 dibawah ini).
- Lajur Rumus, terdiri atas dua bagian yaitu yang disebelah kiri menginformasikan sel yang aktif (pada Gambar 3 dibawah berikut ini tertulis B3), sementara di sebelah kanannya, menampilkan isi pada sel yang aktif tersebut. Karena isi data pada contoh gambar ini kosong (tidak ada) maka pada lajur rumus juga ditampilkan kosong.
- Area lembar
kerja (worksheet)
adalah bidang dimana kita menuliskan input dan sekaligus melihat
outputnya. Area ini terdiri atas beberapa kolom yang ditandai dengan huruf
A, B, C dan seterusnya, lalu beberapa baris yang ditandai dengan angka 1,
2, 3 dan seterusnya. Perpotongan antara kolom dan baris disebut juga sel.
Dalm contoh diatas, sel yang aktif adalah sel B3 artinya terletak
diperpotongan antara kolom B dan baris ke-3.
Pada bagian pojok kiri bawah terdapat nama dari setiap worksheet (perhatikan gambar dibawah, lembar kerja yang aktif dalam Gambar 3 namanya Sheet1). Nama ini bisa diganti. Caranya arahkan pointer mouse ke nama worksheet, lalu click tombol kanan mouse Anda lalu pilih Rename. Setelah itu ketikkan nama worksheet yang Anda inginkan. - Lajur Status Indikator
Gambar
3. Tampilan Microsoft Excel
2. Area Worksheet
Perhatikan
kembali Gambar 3 diatas, menempati bidang yang paling besar, area worksheet
terletak di tengah-tengah layar dan merupakan tempat dimana output tampilan
dari aktifitas kita ditampilkan di sini. Aktifitas yang dimaksud dapat berupa,
misalnya : memindahkan pointer, menyisipkan atau menghilangkan suatu
baris/kolom, menghapus data pada suatu sel atau range, dan lain sebagainya.
3. Indikator/Penunjuk Status
Penunjuk
status terdapat di bagian bawah dari lembar kerja (worksheet). Dalam penunjuk
status ini terdapat informasi mengenai keterangan perintah yang Anda sorot dari
menu. Jika tidak ada perintah, maka akan ditampilkan status Ready (lihat
dipojok kiri bawah) yang artinya Excel siap menerima perintah.
Status
indikator muncul saat Anda menekan tombol-tombol tertentu atau pada saat
Microsoft Excel melaksanakan sejumlah perintah tertentu. Berikut beberapa
contohnya :
Status
|
Penjelasan
|
Status
|
Penjelasan
|
Status
|
Penjelasan
|
Status
|
Penjelasan
|
Status
|
Penjelasan
|
EXT
|
Anda menekan tombol F8
untuk menambahkan seleksi ke sel lain
|
CAP
|
Anda menekan tombol Caps
Lock untuk memasukan data label dengan huruf besar semua.
|
OVR
|
Anda menekan tombol Ins pada
saat mengedit data yang mengakibatkan data yang Anda ketik akan meniban data
sebelumnya. (OVR = Overstrike)
|
NUM
|
Anda menekan tombol Num Lock
untuk pengetikkan angka dengan menggunakan numeric keypad (area sebelah
kanan dari keyboard Anda).
|
SCR
|
Anda menekan tombol Scroll
Lock untuk menggulung layar.
|
4. Ukurannya
Lembar
kerja (worksheet) terdiri atas beberapa kolom dan baris. Seluruhnya ada
256 kolom yang ditandai dengan huruf A,B,C,....Z dilanjutkan AA, AB, AC...AZ,
lalu BA, BB.... lalu CA, CB ... begitu seterusnya hingga IA, IB, IC ..s/d...IV.
Sedangkan jumlah baris sebanyak 16384 baris ditandai dengan angka dari 1,2,3,4
....dst. hingga angka 16384.
5. Pengertian Sel, Penunjuk sel (Pointer), Range
Sel adalah perpotongan antara baris dan
kolom. Sel dinamakan berdasarkan lokasi atau koordinatnya. Misalkan sel C10
adalah perpotongan antara kolom C dan baris ke-10.
Sel
Aktif adalah sebuah
sel yang Anda gunakan saat itu. Perbedaan antara sel aktif dengan sel-sel
lainnya ialah, pada sel aktif Anda dapat melakukan sejumlah aktifitas,
sementara pada sel-sel lainnya tidak bisa. Untuk mengaktifkan sel lain sebagai
sel aktif, Anda harus memindahkan dan meng-klik pointer ke suatu sel tertentu.
Dalam suatu lembar kerja hanya ada satu sel saja yang berfungsi sebagai sel
aktif. Lokasi sel yang aktif ditampilkan dalam lajur rumus .
Penunjuk
berfungsi sebagai Pointer. Sel yang ditunjuk atau disorot oleh pointer disebut
sebagai sel aktif. Sel aktif ditandai dengan kotak empat
persegipanjang. Dalam gambar 3 di atas, sel yang aktif adalah B3. Posisi sel B3
tertulis pada kotak lokasi sel (perhatikan : letaknya di depan lajur rumus)
Worksheet
Area adalah tempat
yang menampilkan lokasi sel atau range yang aktif.
Sumber : http://www.geocities.ws/Jesayas_2000/excel.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar