Cara Menggunakan Fungsi VLOOKUP Excel
Bagi sebagian orang bekerja dengan menggunakan komputer
adalah sebuah tuntutan dan harus dijalani. Ada banyak sekali pekerjaan yang
menggunakan komputer, bahkan kebanyakan sekarang ini semua pekerjaan yang
bertempat di dalam ruangan atau sebuah kantor pasti akan menggunakan perangkat
komputer. Sebuah komputer dapat membantu pekerjaan Anda dengan mudah bahkan
dengan komputer pekerjaan yang sangat banyak bisa terselesaikan dengan cepat.
Jika Anda sering melakukan pendataan pada pekerjaan Anda, maka penggunaan
program Microsoft Excel mungkin tidak asing lagi bagi Anda karena excel telah
dipercaya untuk menangani berbagai jenis pekerjaan seperti mendata barang,
keuangan, database atau laporan penjualan hari ini. Ada banyak fungsi di
Microsoft excel yang bisa membantu Anda, seperti Anda dapat dengan mudah
melakukan penjumlahan dengan angka yang sangat banyak atau proses pencocokan
data, semuanya dapat dikerjakan secara otomatis dengan berbagai fungsi yang
tersedia di Microsoft excel.Kenapa Menggunakan Fungsi VLOOKUP?
Salah satu fungsi yang sangat bermanfaat di Microsoft excel
adalah VLOOKUP. Vlookup adalah fungsi untuk mengetahui nilai dalam sebuah
index. Sebagai contoh sederhana Anda memiliki beberapa data tentang harga-harga
produk, kolom pertama berisi nama produk, kolom kedua berisi harga produk.
Ketika Anda ingin mengetahui harga dari sebuah produk Anda tinggal
menggunakan fungsi vlookup ini. Mungkin terlihat sepele,
tetapi bagaimana jika data yang Anda miliki berjumlah ratusan atau bahkan
ribuan, vlookup akan sangat berguna karena dapat mengetahui sebuah nilai data
dengan cepat dibandingkan jika Anda harus mengecek table satu persatu yang
pastinya akan memakan waktu yang sangat lama. Untuk mempelajarinya lebih lanjut
berikut ini adalah contoh penggunaan fungsi vlookup secara sederhana:Cara Penggunaan Fungsi VLOOKUP
Pertama-tama, perhatikan contoh gambar berikut ini :Dari data diatas dapat dilihat yaitu data nilai ujian dari beberapa anak, sebagai contoh Anda ingin mengetahui nilai dari anak yang bernama wendi, maka yang harus Anda lakukan selanjutnya menulis rumusan =VLOOKUP(A11,A2:B15,2,FALSE). Untuk penjelasan dari rumusan tersebut adalah sebagai berikut, sebagai contoh Anda ingin menulis nilai wendi pada kolom lainnya seperti pada gambar berikut:
Berarti Anda akan menuliskan nilai wendi pada kolom E15, ini berarti Anda harus menuliskan rumusan pada kolom E15, selanjutnya ketik =VLOOKUP(A11,A2:B15,2,FALSE) pada kolom E15, setelah itu Anda akan langsung mendapatkan nilai wendi pada kolom E15 seperti berikut:
Penjelasan Fungsi VLOOKUP Pada Contoh
Lalu selanjutnya arti angka 2 yaitu merupakan kolom ke dua atau kolom B tempat dimana terdapat nilai wendi. Dan terakhir FALSE, jika data yang terdapat pada table nilai merupakan angka yang berurutan seperti 50, 60, 75, 85, 90 dst maka Anda bisa mengetikkan kata TRUE, tetapi jika angkanya tidak berurutan maka Anda harus menggunakan kata FALSE.
Selain itu vlookup juga dapat digunakan antar sheet yang berbeda. Yaitu Anda bisa mendapatkan data dari referensi database yang berada di sheet lain, jelas fungsi vlookup akan sangat membantu pekerjaan mendata Anda menjadi lebih mudah dan tentunya jika data Anda sangat banyak. Jadi silahkan mempelajarinya dan menggunakannya, selamat mencoba.
Demikian penjelasan cara dan contoh singkat tentang cara
menggunakan VLOOKUP di Microsoft Excel. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Fungsi hlookup di excel 2007
HLOOKUP adalah salah satu
fungsi referensi yang bisa digunakan untuk menghitung /mengambil data dari
tabel referensi. HLOOKUP biasa juga disebut horizontal lookup.
Syntax
HLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,range_lookup)
Lookup_value is the value to be found in the first row of the table. Lookup_value can be a value, a reference, or a text string.
Table_array is a table of information in which data is looked up. Use a reference to a range or a range name
atau sederhananya seperti di bawah ini;
Lookup_value adalah nilai yang ditemukan pada baris pertama tabel
Table_array adalah range table dimana data referensi akan ditemukan.
Contoh:
1. Buat tabel seperti di bawah ini
Baris pertama dan kedua merupakan tabel referensi
Baris ke lima hingga 12 adalah tabel kerja
Syntax
HLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,range_lookup)
Lookup_value is the value to be found in the first row of the table. Lookup_value can be a value, a reference, or a text string.
Table_array is a table of information in which data is looked up. Use a reference to a range or a range name
atau sederhananya seperti di bawah ini;
Lookup_value adalah nilai yang ditemukan pada baris pertama tabel
Table_array adalah range table dimana data referensi akan ditemukan.
Contoh:
1. Buat tabel seperti di bawah ini
Baris pertama dan kedua merupakan tabel referensi
Baris ke lima hingga 12 adalah tabel kerja
2. ketik formula: pada sel E5
=HLOOKUP(D5,$C$1:$G$2,2)
=HLOOKUP(D5,$C$1:$G$2,2)
Semoga bermanfaat bagi Anda.
Sumber : http://www.komputerseo.com/2010/02/fungsi-hlookup-di-excel-2007.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar