Sort adalah perintah untuk mengurutkan data berdasarkan kondisi
tertentu. Cara menggunakan perintah ini adalah sebagai berikut :
Tempatkan kursor di dalam tabel
data.
Klik menu Data.
Pada ribbon-bar klik Sort.
Kotak
dialog Sort akan tampil seperti berikut ini.
Keterangan:
- Bagian Sort by berisikan nama field atau nama kolom yang digunakan sebagai acuan pengurutan data.
- Bagian Sort On digunakan untuk menentukan tipe data yang ingin diurutkan.
- Bagian Order digunakan untuk menentukan kondisi pengurutan data, yaitu secara Ascending (menaik) atau Descending (menurun).
- Tombol Add Level digunakan jika kita ingin mengurutkan data pada beberapa kolom atau beberapa baris sekaligus.
- Tombol Options digunakan untuk menentukan arah pengurutan data, apakah berdasarkan kolom (dari atas ke bawah) atau berdasarkan baris (dari kiri ke kanan).
- Pilihan My data has headers sebaiknya diaktifkan agar pada bagian Sort by dapat terlihat judul kolom atau judul baris yang terdapat pada tabel.
Untuk mengurutkan nilai penjualan dari nilai terkecil sampai ke nilai terbesar, pilih field PENJUALAN 1 pada bagian Sort by lalu tekan tombol Ok.
Perhatikan tampilan data yang telah
mengalami perubahan seperti berikut ini. Kolom PRODUK tidak berurutan
namun kolom PENJUALAN 1 telah diurutkan.
Contoh data yang diurutkan menggunakan sort:
b. Mengurutkan dari z-a
Demikian contoh dasar dari
penggunaan perintah Sort dalam Excel 2007. Semoga bermanfaat bagi Anda.
Sumber : http://mugi.or.id/blogs/arhiez/archive/2008/12/04/manajemen-data-pada-microsoft-excel-2007-mengurutkan-data-dengan-sort.aspx
Tidak ada komentar:
Posting Komentar